Program Studi Magister Psikologi UGM pada awal berdirinya hingga sekarang masih menekankan pada unit pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan penelitian yang dilakukan masih dalam rangka proses pembelajaran. Secara jelas hal tersebut tercantum dalam kurikulum dalam bentuk penulisan tesis yang merupakan laporan penelitian. Dengan bobot 8 SKS untuk tesis atau sekitar 19 persen dari total beban mahasiswa untuk menyelesaikan studinya, Program Studi ini telah menempatkan penelitian sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran.
Terlepas dari persoalan bahwa kebiasan meneliti belum sepenuhnya tercipta, upaya Program ini untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan meneliti yang memadai terus ditingkatkan. Universitas Gadjah Mada pada saat ini juga meningkatkan proses pembelajaran berdasarkan temuan (evidence based process), dengan jalan mengembangkan penelitian-penelitian inovatif. Penelitian-penelitian yang dimaksud melibatkan dosen dan mahasiswa. Cukup banyak dosen Program ini yang melakukan penelitian. Pada beberapa tahun terakhir pelibatan mahasiswa untuk penelitian dimaksud juga sudah dilakukan. Pelibatan mahasiswa Program ini yang secara sistematis dikelola adalah SP4. Ada 10 mahasiswa yang menjadi bagian dari kegiatan tersebut .
Penelitian yang dilakukan mahasiswa diwujudkan dalam bentuk tesis. Sebagian dari tesis tersebut kemudian diterbitkan dalam bentuk publikasi seperti artikel jurnal dan buletin. Namun demikian, ada publikasi mahasiswa yang tidak disusun dari tesis. Tugas-tugas kuliah dan tulisan-tulisan di luar tugas tersebut juga cukup banyak yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Di samping itu, beberapa penelitian yang dilakukan dosen bersama-sama dengan mahasiswa juga diterbitkan dalam berkala ilmiah.